Main Control Valve (MCV): Pengertian, Cara Kerja dan Instalasi

Artikel MCV: Pengertian, Cara Kerja dan Instalasi

Apa itu Main Control Valve?

Main Control Valve (MCV) adalah komponen penting dalam sistem instalasi hydrant maupun sprinkler berupa katup (valve) utama yang mengatur beberapa variabel proses (process variable) seperti aliran air ke seluruh sistem, tekanan, level, temperatur dan sebagainya melalui pengontrol (controller) yang ada pada MCV. Komponen ini penting mengingat tujuan utamanya adalah mengatur besar kecilnya aliran air yang mengalir menuju pipa-pipa yang sudah diatur.

Bagian Main Control Valve dan Fungsinya

Alarm Check Valve

Alarm Check Valve J-1
Komponen MCV: Alarm Check Valve J-1

Alarm Check Valve merupakan katup (valve) yang ada pada MCV yang berfungsi untuk membunyikan alarm atau mengaktifkan sinyal secara elektrik maupun mekanik bila terdapat aliran air yang mengalir melalui Alarm Check Valve ini. Selanjutnya, aliran air akan diperiksa tekanannya dan dari sini kita dapat mengetahui apakah tekanan air sudah sesuai dari pompa (pump) menuju ke sistem hydrant atau sprinkler.

Water Motor Alarm / Alarm Gong

Water Motor Alarm F-2
Komponen MCV: Water Motor Alarm Viking F-2

Water Motor Alarm atau sering disebut Alarm Gong merupakan komponen output yang mengeluarkan bunyi alarm kebakaran. Cara kerja Water Motor Alarm secara sederhana adalah dengan memanfaatkan aliran air yang keluar melalui Alarm Check Valve. Karena didesain secara mekanik, komponen ini memiliki kelebihan, yaitu tetap bisa bekerja meskipun tanpa perlu adanya aliran listrik.

Retard Chamber

Retard Chamber Viking
Komponen MCV: Retard Chamber

Retard Chamber sederhananya merupakan tabung yang menghambat aliran air jika tekanan air yang masuk ke Water Motor Alarm berlebih.

Trim Set Alarm Valve

Trim Set Alarm Viking
Komponen: Trim Set Viking J-1

Trim set merupakan komponen berupa pipa-pipa yang berfungsi mengalirkan air untuk mengaktifkan Water Motor Alarm ketika bagian clapper Alarm Check Valve terbuka. Pada trim set umumnya terdapat Pressure Gauge yang berfungsi untuk mengukur tekanan air pada MCV.

Gate Valve

Gate Valve Viking OS & Y UL/FM
Komponen MCV: Gate Valve Viking OS & Y UL/FM

Gate valve adalah katup yang berfungsi untuk mengontrol aliran air dengan cara membuka dan menutup aliran dengan stir yang ada pada gate valve. Untuk membuka katup dapat dengan cara memutar berlawanan arah jarum jam, sedangkan untuk menutup dengan cara memutar searah jarum jam. Gate Valve yang paling umum digunakan dalam satu set MCV adalah tipe OS & Y.

Lihat Portfolio Kami: ADARO Power Plant Project

Cara Kerja Main Control Valve (MCV)